Menonaktifkan Backround Data Internet Windows 8 & 10



Windows 8 dan Windows 10 sangat responsif dan aktif dalam "melayani" kebutuhan usernya. Berbagai informasi tentang user dikumpulkan dan dikirimkan secara "diam-diam", sehingga Operating Sistem ini tampak selalu sigap dan cepat dalam memuaskan keinginan pengguna di dunia maya. 

Windows 8 dan 10 telah dilengkapi berbagai fitur yang secara instant dan otomatis mencari berbagai informasi seperti berita (News), olahraga (Sport), cuaca (Weather) dan lain sebagainya. Khusus Windows 10 disediakan fitur Cortana sebagai asisten pribadi, bahkan kemungkinan ditujukan sebagai "pasangan hidup" user selama menggunakan OS ini.

Sayangnya fitur-fitur tersebut untuk saat ini belum support untuk bahasa Indonesia, sehingga terkesan mubazir. Di lain sisi, mayoritas user di Indonesia lebih membutuhkan bimbingan dari pasangan "nyata" untuk OS ini, lebih dari sekedar Cortana yang cenderung "sok tahu". Mayoritas user Indonesia juga bukan merupakan pengguna "premium" yang rela menghabiskan kuota data internetnya untuk hal-hal pelengkap seperti ini.

Informasi tentang cara menonaktifkan data internet yang berjalan "senyap" di backround OS Win 8 dan 10 banyak tersebar di internet. Di antaranya dengan menonaktifkan user privacy, auto update, dll. Trik dan tutorial kali ini bukan untuk me re-share hal-hal tersebut, tetapi langsung "menembak langsung" ke sistem pusat Windows yang bertugas menjalakan fitur-fitur "useless" di atas.

Trik ini dilakukan dengan 2 langkah sederhana:

Menonaktifkan BITS (Backround Intelligent Transfer Service) 
Buka aplikasi desktop "services" - tombol Win, ketik service
Cari dan temukan "Backround Intelligent Transfer Service" 
Klik kanan - properties
Lakukan settingan berikut:
Service status - Stop
Startup type: Disabled
Pilih tab "Recovery": first, second, Subsequent failure - Take no action
Apply dan OK
Menonaktifkan Windows Update
Pada aplikasi "services" temukan "Windows Update"
Terapkan settingan yang sama pada properties-nya
Abaikan bila terdapat error langkah "Service status - Stop"
Lanjutkan pada langkah selanjutnya

Restart PC

Demikian trik dan tips untuk mengantisipasi adanya pencurian data internet secara "legal & senyap" oleh system Windows.

0 comment(s):

Post a Comment