Review: Netbook Advan Vanbook A1N-70T


Kali pertama "terjun" kedunia komputer, lebih prefer PC daripada Laptop, alasannya karena PC bisa dipake sesuka hati tanpa ada rasa was-was or "eman-eman". Al_hasil PCx sering banget di pake untuk kerja berat, main game kayak PES, Resident Evil, Rome Total War, NFS Most Wanted & Underground dkk, trus buat Design grafis  atau buat editing Video and Recording + Edit lagu. Disamping itu jg untuk hal-hal kecil lainnya sprti ketik makalah, proposal atau hanya untuk sekedar nonton film and dengerin musik.

Ketika umur berkurang (baca: semakin tua) baru sadar kalo ternyata selama ini waktu cuma buat dihabiskan sama hal-hal sampingan (paling khusus buat main game), maka untuk memperbaiki niat untuk fokus pada tujuan utama sebagai mahasiswa semester akhir, skripsi trus Wisuda. Maka keputusan terakhir: jual computer and nyari Laptop sebagai penggantinya, dengan untuk mengendalikan nafsu untuk main game (soalnya kalo Laptop kan ada rasa was-was buat dipake kerja berat).

Komputernya laku 3jt, dan itu modal awal buat nyari penggantinya. Sebagai langkah awal pencarian saya browsing di Internet harga laptop yang berkualitas dan harganya sesuai, hasilnya saya mendapatkan kalo SEBAGIAN laptop keluaran luar negeri kyk Accer, Toshiba, dkk yang tersebar di Indonesia dengan harga murah hanya merupakan laptop bajakan atau pun tiruan. Pencarian selanjutnya berpaling pada produk Indonesia, hitung2 dalam rangka mencintai produk Indonesia.

Di toko komputer terdekat, ditawarkan beberapa laptop dengan harga de bawah 3jt, baik dari produk luar negeri maupun dalam negeri. Dari situ saya melihat Netbook Advan Vanbook A1N-70T, kesan pertama biasa aja bahkan bisa disebut kurang tertarik karena modelnya yang baku dan vakum serta merknya yang "agak" kurang umum. Setelah melihat Spesifikasinya ternyata Netbook ini  didukung oleh Prosesor Intel Atom N270 1,6 Ghz, dengan Memory DDR 2 1 Gb, HDD WDC 160 Gb, Wi-Fi, Card Reader, Webcam 1,3 Mp, serta kemampuan hidup discharging (dengan keadaan normal) selama 3 jam, disamping itu harganya pada waktu itu (Januari 2010) hanya 2,6 jt. Setelah pemikiran agak lama dan sadar akan kekurangan dana yang dimiliki, akhirnya saya memberanikan diri memboyong Netbook ini mengingat perbandingan harga yang jauh antara anatara netbook ini dengan netbook lainnya yang spesifikasinya agak sama.

Selama ini netbooknya fine-fine saja dan tidak rewel bahkan dipakai untuk kerja design grafis ternyata tidak ada masalah, hal ini karena dukungan oleh Prosesor Intel Atom N270 1,6 Ghz serta memory DDR 2 1 Gb. Netbook ini pula mendukung OS kayak XP pack III, bahkan sekarang saya memakai dua OS: Windows 7 dan Linux Ubuntu 9.10. Semua "perlengkapannya" bisa dipakai di semua OS di atas, seperti Audio, Video, Touchpad, Webcam, Wi-Fi, Cardreader dkk. Drivernya bisa langsung di Install dari CD Driver bawaan, tapi pengecualian terdapat pada Ubuntu karena penginstalan harus melalui internet (hal ini gak masalah, karena penginstalan driver apa saja pada OS Linux sebagian besar harus connect ke Internet). Di samping itu hal lain yang membuat saya jatuh hati pada Netbook ini adalah penerimaan sinyal wirelessnya yang kuat, layarnya yang gak terlalu kecil untuk ukuran Netbook sejenisnya, keyboardnya yang lumayan besar sehingga memudahkan untuk mengetik, serta HDD keluaran WDC dengan kapasitas 160 Gb yang memungkinkan penyimpanan file baik dokumen maupun multimedia yang lumayan banyak.

Tapi bukan berarti Netbook Advan Vanbook A1N-70T ini tidak punya kekurangan, seperti yang dikatakan diatas netbook ini mempunyai style yang vakum dan kurang menarik tapi hal ini dapat tampaknya diimbangi dengan 3 pilihan warna yang tersedia. Kemudian suara keluaran speaker netbook ini kecil walaupun udah disetting maksimal dan agak cempreng, trus touchpad yang kurang besar sehingga kurang leluasa untuk menggerakkan pointer, tapi kalo memakai Sound Speaker atau Headphone dan Mouse USB masalah ini dapat dipecahkan. Trus yang terakhir Merknya yang kurang dikenal, tapi terkenalnya suatu merk tidak menjamin kwalitas yang diusungnya, satu hal lagi merk yang terakhir rentan dengan bajakan ataupun tiruan sehingga membuka kesempatan besar bagi konsumen untuk terjebak didalamnya,

Sebagai tambahan, berikut tampilan nilai indeks experience Windows Seven Ultimate untuk laptop Advan Vanbook A1N-70T: